Click to listen highlighted text!
Breaking News

Komisioner KPU Medan Pandapotan Tamba mengatakan dalam rapat ini mereka akan menyampaikan dua opsi terkait penataan dapil dan alokasi kursi tersebut. Opsi pertama yakni adanya pergeseran jumlah kursi pada beberapa daerah pemilihan.

“Opsi pertama yakni jumlah kursi dari pemilu 2014 lalu berubah dimana dapil I menjadi 10 kursi dari sebelumnya 11 kursi. Kemudian dapil V menjadi 12 kursi dari sebelumnya 11 kursi,” katanya.

Sementara itu opsi kedua yang akan disampaikan menurutnya yakni mengenai perubahan kecamatan pada dua dapil. Dalam hal ini Kecamatan Medan Sunggal akan dimasukkan dalam dapil III dan Kecamatan Medan Baru akan dikembalikan ke dapil II.

“Kursi dari masing-masing dapil yang berubah itu juga akan berubah dari dapil I sebanyak 11 kursi dari sebelumnya 10 kursi dan dapil V sebanyak 12 kursi dari sebelumnya 11 kursi,” ujarnya.

Meski terjadi perubahan dapil dan alokasi kursi, namun secara keseluruhan menurutnya tidak terjadi perubahan jumlah kursi di DPRD Kota Medan. Setelah perubahan tersebut jumlah kursi di DPRD Medan menurutnya tetap 50 kursi dengan rincian 11 kursi dari dapil I, 10 kursi dari dapil II, 9 kursi dari dapil III, 8 kursi dari dapil IV dan 12 kursi dari dapil V.

“Semua ini didasarkan pada 7 prinsip yakni kesetaraan nilai sara ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah, berada dalam satu wilayah yang sama, kohesivitas dan kesinambungan,” demikian Pandapotan Tamba

Timber by EMSIEN 3 Ltd BG
Perbesar Huruf
Pilih Warna Kontras
Click to listen highlighted text!